Untuk kamu yang baru mengenal fotografi dan ingin mencobanya, jangan takut memulainya. Hal terpenting adalah kamu mempunyai kemauan yang sungguh-sungguh dan memiliki sebuah kamera. Ada beberapa jenis kamera yang bisa kamu gunakan seperti kamera polaroid, kamera film, dan kamera digital (kamera saku, kamera superzoom, kamera digital slr). Akan lebih mudah jika kamu memakai kamera digital saat baru memulai belajar fotografi. Alasannya, kamera tersebut memiliki banyak varian dan cukup mudah digunakan. Dilansir dari DuniaFotografi.com, Inilah beberapa tips fotografi bagi para pemula.


Membeli Kamera Sesuai Dengan Kebutuhan
Untuk para pemula sebaiknya membeli kamera dengan harga yang tidak terlalu mahal dan tentu saja mudah digunakan serta bisa diandalkan dalam momen apapun.


Mengenali dan Memahami Cara Kerja Semua Fitur di Kamera
Bacalah buku manual tentang fotografi secara tuntas serta lakukan penjajakan fitur dan tombol pada kamera. Pada kamera slr, penentuan fitur modenya dapat disesuaikan dengan objek yang akan diambil.


Belajar Cara Memegang Kamera
Kualitas hasil gambar yang diambil dari sebuah kamera, salah satunya ditentukan dari kestabilan dalam memegang kamera. Karena itulah, para pemula harus belajar memegang kamera yang baik dan stabil. Namun di saat-saat tertentu, ketika mengalami kendala yang sulit diatasi, para pemula bisa mempertimbangkan untuk membeli tripod atau kaki kamera.


Fokus Pada Objek yang Akan Diambil
Pengambilan objek baik yang diam ataupun bergerak, masing-masing memerlukan fokus yang berbeda-beda. Hal tersebut berkaitan dengan pengaturan kamera mulai dari pengaturan ISO (kepekaan cahaya), aperture (bukaan lensa) hingga shutter speed (rentang waktu saat memencet tombol sampai tombol kembali ke posisi semula).


Menentukan Angle
Dalam menentukan pengambilan angle, para pemula bisa mempelajarinya secara bertahap.


Memperhitungkan Intensitas Cahaya
Untuk memperhitungkan intensitas cahaya saat mengambil objek, membutuhkan settingan mode yang berbeda-beda. Hal ini bisa dipelajari secara otodidak hasil kebiasaan.


Terus Bereksperimen dan Berlatih
Teruslah berlatih dan melakukan eksperimen pengambilan objek apapun. Jangan takut jika hasil gambar yang didapat tidak terlalu bagus. Kemampuan fotografi seseorang sangat bergantung pada seberapa sering rutinitas ini dilakukan. 


Membuka Diri
Sangat penting bagi para pemula untuk bersikap terbuka dalam menerima saran dan masukan dari orang-orang yang lebih paham tentang dunia fotografi. Tetaplah belajar dan ajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya kepada mereka.