Untuk menjadi seorang fotografer, dibutuhkan kemampuan dan penguasaan teknik-teknik khusus fotografi. Dengan memahami teknik-teknik fotografi secara baik dan benar, maka seorang fotografer akan bisa menghasilkan gambar atau foto yang bervariatif dan bernilai estetika. Berikut ini adalah teknik-teknik fotografi unik yang bisa menghasilkan foto-foto berkelas yang menakjubkan.


HIGH-SPEED PHOTOGRAPHY

 
Foto balon meledak, percikan air atau kaca pecah adalah contoh-contoh foto yang dihasilkan dengan teknik High-Speed Photography. Objek yang bergerak dapat memunculkan efek blur saat dipotret. Beberapa fotografer menginginkan objek-objek tersebut beku atau berhenti sejenak untuk memperoleh hasil gambar yang fantastis.



TILT-SHIFT PHOTOGRAPHY

 
Tilt-Shift Photography merupakan teknik fotografi unik yang bisa memanipulasi objek atau lokasi dengan ukuran sebenanya menjadi seperti model miniatur. Mengambil gambar dari sudut yang tinggi adalah kunci dari teknik ini. Dari situlah akan tercipta ilusi seperti sedang melihat sebuah model miniatur.



HIGH DYNAMIC RANGE PHOTOGRAPHY (HDR)

 
Teknik HDR adalah sebuah teknik fotografi menakjubkan yang mampu membuat rentang dinamis dari eksposur jauh lebih besar ketimbang teknik digital imaging biasa. Teknik ini akan memunculkan tingkat intensitas level yang sangat berbeda. Selain itu, seseorang akan sulit untuk membedakan ilusi dan kenyataan dari foto yang dihasilkan dengan penggunaan teknik HDR.



SMOKE ART PHOTOGRAPHY

 
Smoke Art Photography merupakan teknik fotografi yang menggunakan asap sebagai objek utamanya. Asap tersebut juga bisa digunakan sebagai media untuk membuat sesuatu yang lain.



MOTION BLUR PHOTOGRAPHY

 
Lain halnya dengan teknik high-speed photography yang sengaja membekukan atau menghentikan objek foto, teknik motion blur photography menangkap keindahan dari objek yang bergerak justru dari efek blurnya. Efek blur tersebut bisa didapatkan dengan menggunakan kecepatan shutter yang lambat (slow shutter speed).