Selain musik, fotografi juga memiliki berbagai jenis genre yang perlu kamu ketahui. Untuk kamu yang menyukai dunia fotografi dan ingin mendalami fotografi lebih jauh lagi, dengan mengetahui genre fotografi, maka nantinya kamu akan bisa mengenal keahlian kamu ada di genre mana. Berikut 7 genre fotografi terpopuler seperti yang dilansir dari laman kelasfotografi.com.



Portrait / Portraiture Photography (Foto Subjek Manusia)

 
Portraiture Photography merupakan jenis genre yang menampilkan gambar ekspresi, kepribadian, dan suasana hati seseorang atau kelompok. Meskipun seluruh tubuh dan latar belakang atau konteks lainnya dapat dimasukkan, genre ini biasanya lebih fokus pada wajah seseorang.



Wildlife Photography (Alam Liar)

 
Wildlife Photography adalah genre yang mengekspos berbagai macam satwa liar di habitat alami mereka. Genre fotografi ini termasuk dalam jenis genre yang cukup menantang sebab dibutuhkan keahlian khusus dan harus berani apabila berhadapan dengan hewan pemangsa.



Macro Photography (Makro)

 
Macro Photography atau macrography merupakan genre fotografi yang berfokus pada subjek-subjek kecil. Genre ini juga sering disebut dengan fotografi close-up yang sangat ekstrim.



Landscape Photography (Pemandangan)

 
Landscape Photography adalah jenis genre fotografi yang mendokumentasikan pemandangan alam baik pemandangan yang luas dan tak berujung maupun pemandangan yang mikroskopis.



Architectural Photography (Arsitektur)

 
Architectural Photography memotret bangunan dan struktur serupa yang mewakilkan estetika. Biasanya fotografer arsitektur terampil dalam penggunaan teknik khusus dan peralatan pendukung fotografi.



Street Photography (Fotografi Jalanan)

 
Street Photography merupakan genre fotografi yang menggambarkan kondisi manusia di tempat-tempat umum. Fotografi jalanan sebenarnya adalah sebuah istilah dan tidak selalu harus berada di jalanan atau lingkungan perkotaan.


Fashion Photography

 
Fashion Photography menampilkan pakaian dan barang-barang fashion lainnya. Iklan dan majalah fashion merupakan fotografi fashion yang paling sering dilakukan. Dari waktu ke waktu, fotografi fashion telah mengembangkan estetika sendiri dengan menambahkan aksesoris atau lokasi eksotis pada pakaian dan mode.